PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA MAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Ririn Nikmatul, Kuffa (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA MAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Fulltext_Ririn Nikmatul Kuffa_16111241054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran sentra main peran pada anak usia 5-6 tahun di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran sentra main peran pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran sudah lengkap sesuai dengan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 meliputi prosem, RPPM, dan RPPH; (2) Pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan sesuai dengan pedoman pembelajaran sentra dengan menggunakan empat pijakan main, yaitu (a) pijakan lingkungan main meliputi menyiapkan dan menata alat dan bahan main; (b) pijakan sebelum main meliputi: apersepsi dan diskusi terkait sub tema, penyampaian kegiatan main, kesepakatan aturan main, dan transisi sebelum main; (c) pijakan selama main meliputi: anak memilih dan bermain peran yang disukainya, guru memberikan pijakan atau bantuan kepada anak yang membutuhkan, memperkuat bahasa anak, mendokumentasikan kegiatan main anak, dan mencatat perkembangan anak; dan (d) pijakan setelah main meliputi: membereskan alat main, duduk melingkar di karpet, recalling kegiatan, diskusi tentang perilaku positif maupun negatif anak, menyanyikan lagu, penyampaian informasi, dan berdoa; (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian perkembangan anak telah sesuai dengan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 berupa catatan anekdot, skala capaian perkembangan harian, dan analisa hasil karya; (4) Faktor pendukungnya yaitu: sarana dan prasarana memadai, pemahaman guru, kreativitas guru, biaya, kesiapan guru, support warga sekolah, dan referensi yang cukup; (5) Faktor penghambatnya yaitu: penyediaan alat main kadang mengalami kesulitan, kreativitas guru yang stagnan, pemahaman guru, biaya, persiapan lebih lama dan rumit, adanya ekstrakurikuler pagi, dan kondisi anak. Kata kunci: pembelajaran, sentra main peran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:29
Last Modified: 07 Jan 2022 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71741

Actions (login required)

View Item View Item