PEMBELAJARAN PENGENALAN BILANGAN DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA SITI MARIYAH PENCARSARI SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Rina, Safitri (2021) PEMBELAJARAN PENGENALAN BILANGAN DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA SITI MARIYAH PENCARSARI SELAMA PEMBELAJARAN DARING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI-Rina Safitri (13111241055).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui : (1) Perencanaan pembelajaran pengenalan bilangan di TK ABA Siti Mariyah; (2) Kegiatan pengenalan bilangan; (3) Strategi Pembelajaran: (4) Metode Pembelajaran; (5) Penilaian Pembelajaran; (6) Faktor pendukung dan Faktor penghambat. Pembelajaran pengenalan bilangan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir simbolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yaitu Kepala TK ABA Siti Mariyah dan Guru. Data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran pengenalan bilangan di TK ABA Siti Mariyah diawali dengan pembuatan RPPM untuk Guru dan RPPM untuk Wali Murid berdasarkan pada Program Semester yang telah disusun oleh IGABA; (2) Kegiatan pengenalan bilangan yang telah dilakukan oleh anak kelompok B di TK ABA Siti Mariyah antara lain yaitu menyusun angka 1-10 dengan menggunakan playdough, menjumlahkan gambar bunga lalu diwarnai, menulis angka 1-20, mencocokkan jumlah bilangan dengan lambang bilangan, menjumlahkan gambar hewan, menulis angka 11-30, dan mengeksplor angka 1-30 dengan kalender bekas; (3) Strategi Pembelajaran yang diterapkan diTK dalam menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak adalah Do-it-signal, mengembangkan keterlibatan indera dan bermain dengan belajar: (4) Metode pembelajaran menggunakan metode bermain kartu bilangan dan penugasan serta menggunakan media pembelajaran berupa benda nyata yang berkembang menuju media pembelajaran yang lebih abstrak; (5) Pembelajaran Pengenalan Bilangan merupakan salah satu pembelajaran yang menstimulasi kemampuan berpikir simbolik pada anak dan telah dicapai dengan baik; (6) Faktor pendukung: kerja sama antara guru, orang tua dan peserta didik serta ketersediaan media pembelajaran dan Faktor penghambat: adanya orang tua yang kurang mendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan dirumah dan tingkat kematangan peserta didik yang berbeda. Kata kunci: Pembelajaran pengenalan bilangan, Kemampuan Berpikir simbolik, TK ABA Siti Mariyah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:27
Last Modified: 07 Jan 2022 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71740

Actions (login required)

View Item View Item