Hernawati, Kuswari (2011) E-LEARNING ADAPTIF BERBASIS KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0
|
Text
PM-9 - Kuswari Hernawati.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mempengaruhi masyarakat, khususnya sistem pendidikan menuju paradigma pembelajaran baru diantaranya adalah dengan proses pembelajaran e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Sistem e-learning telah banyak dikembangkan oleh berbagai lembaga pendidikan dan menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh. Sistem e-learning yang ada sekarang ini umumnya menyajikan presentasi materi pembelajaran yang sama untuk setiap pengguna karena menganggap bahwa karakteristik semua pengguna adalah homogen, padahal dalam kenyataannya setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda dalam belajar, di antaranya adalah gaya belajar, tingkat kematangan, latar belakang dan taraf pengetahuan, prestasi belajar dan lain lain, sehingga perlu digunakan sistem E- learning yang mampu untuk mengakomodasi permasalahan perbedaan karakteristik peserta didik tersebut, yang disebut sebagai E-learning adaptif. Model elearning adaptif berbasis karakteristik peserta didik adalah AES-CS(Adaptive Educational System base on Cognitive Style), Adaptive E-Learning Hypermedia System based on Learning Styles (AEHS-LS).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning Adaptif, karakteristik peserta didik |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 00:26 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 05:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7174 |
Actions (login required)
View Item |