Hidayatul Nuril, Badriyah (2021) PERSEPSI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK SE-GUGUS IV KECAMATAN TURI, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
SKRIPSI_HIDAYATUL NURIL BADRIYAH_14111241023.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dalam penerapan kurikulum 2013 di sekolah Taman Kanak-kanak se-gugus IV kecamatan Turi, Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengakuan guru yang menyebutkan ketidaksiapannya dalam menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di seluruh sekolah Taman Kanak-kanak gugus IV kecamatan Turi, Sleman. Adapun subyek penelitiannya adalah seluruh guru di gugus IV tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk tabel presentase dan diagram batang. Hasil penelitian mendapati bahwa persepsi guru terkait tingkat kesiapannya dalam menerapkan kurikulum 2013 di sekolah Taman Kanak-kanak se-gugus IV kecamatan Turi adalah cukup siap dengan presentase sebesar 63,64 persen. Apabila dirinci pada setiap kategori yaitu yang termasuk ke dalam kategori siap ada 1 responden atau sebesar 9,09 persen. Termasuk kedalam kategori siap 0 persen. Termasuk ke dalam kategori cukup siap sebanyak 7 responden atau sebesar 63,64 persen. Termasuk ke dalam kategori kurang siap sebanyak 3 responden atau sebesar 27,27 persen. Kata kunci : kesiapan, guru, kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 03:25 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 03:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71739 |
Actions (login required)
View Item |