PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KOTAK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B2 TK SURYODININGRATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Nur Vita, Sari (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KOTAK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B2 TK SURYODININGRATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Nur Vita Sar_16111241052_PGPAUD 2016 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kotak pintar pada anak Kelompok B2 TK Suryodiningratan Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian anak Kelompok B2 TK Suryodiningratan Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta yang berjumlah 13 anak. Objek penelitian yaitu kemampuan membaca permulaan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen observasi yang berbentuk checklist. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak dapat ditingkatkan menggunakan media kotak pintar. Peningkatan kemampuan membaca permulaan tersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan anak yang berada pada kriteria BSB sebesar 0% mengalami peningkatan 7,96% pada siklus I menjadi 7,96% pada siklus II meningkat 76,93% menjadi 84,62%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) mempersiapkan media dan mengkondisikan anak, (2) memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara bermain dan memberi contoh, (3) anak diberi kesempatan untuk mengambil item dari dalam kotak pintar dan menempel ataupun melepas item-itemnya, (4) anak bermain serta melakukan sesuai perintah dan contoh guru dalam pembelajaran kemampuan membaca pada indikator 1 sampai 4 sesuai yang direncanakan peneliti, dan (5) mendampingi dan memotivasi anak. Kata kunci : membaca permulaam, media kotak pintar, anak kelompok B2

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:23
Last Modified: 07 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71738

Actions (login required)

View Item View Item