PERAN ORANG TUA DALAM BIMBINGAN BELAJAR ANAK SELAMA MASA PANDEMI DI SPS NGESTI YOGA NIMPUNA BANTUL

Maulidia, Widati (2021) PERAN ORANG TUA DALAM BIMBINGAN BELAJAR ANAK SELAMA MASA PANDEMI DI SPS NGESTI YOGA NIMPUNA BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Maulidia Widati_16111244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam bimbingan belajar anak selama masa pandemi di SPS Ngesti Yoga Nimpuna Bantul. Hal ini dikarenakan pada saat pandemi, anak belajar di rumah sehingga peran orang tua penting dalam membimbing anak belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SPS Ngesti Yoga Nimpuna dengan subjek penelitian orang tua anak usia 4-5 tahun, yang terdiri dari 3 orang tua yang bekerja dan bersedia menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam bimbingan belajar anak selama pandemi, yaitu: (1) Pengkondisikan anak agar tetap semangat belajar di rumah selama masa pandemi yaitu memberikan perlakuan yang menyenangkan dengan melakukan kegiatan belajar sambil bermain, (2) Orang tua menyiapkan fasilitas belajar sesuai kebutuhan aktivitas belajar anak seperti meja belajar, buku gambar, pensil warna, alat tulis, dan lain-lain, (3) Pengaturan dan pengawasan belajar anak di rumah selama masa pandemi belum dapat dilakukan dikarenakan kesibukan orang tua dan suasana hati anak yang berubah-ubah, (4) Pemberian motivasi anak dalam kegiatan belajar dilakukan orang tua dengan memberikan pujian baik kepada anak, mengajak teman atau saudara sebaya untuk belajar bersama dan memberikan reward yang sederhana apabila anak sudah selesai belajar, dan (5) Peran orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak dilakukan orang tua dengan memberikan sedikit bantuan kepada anak, memberikan dorongan semangat pada anak untuk menyelesaikan kesulitan dalam belajar dan menghentikan kegiatan belajar hingga anak fokus kembali. Kata Kunci : peran orang tua, bimbingan belajar, belajar di rumah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:18
Last Modified: 07 Jan 2022 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71735

Actions (login required)

View Item View Item