UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABCD-ABCD MELALUI BERMAIN MAZE POLA PAĎA ANAK KELOMPOK B TK MASYITOH NDASARI BUDI KRAPYAK

Nova Maria, Hutagalung (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABCD-ABCD MELALUI BERMAIN MAZE POLA PAĎA ANAK KELOMPOK B TK MASYITOH NDASARI BUDI KRAPYAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nova_Maria_13111241064_PGPAUD_13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD anak melalui bermain maze pola di Kelompok B1 TK Masyitoh Ndasari Budi Krapyak Bantul. Alasan pemilihan bermain maze pola karena permaian aktif yang memiliki cara bermain yang unik dan anak aktif melakukan sendiri sehingga dapat menarik perhatian anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan di Kelompok B1 TK Masyitoh Ndasari Budi Krapyak Bantul. Subjek penelitian ini berjumlah 8 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan dan objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD melalui bermain maze pola.Penelitian dikatakan berhasil apabila sudah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 80%.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan panduan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain maze pola dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD anak adalah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk bermain maze pola. Selanjutnya, peneliti menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika melakukan aktivitas bermain maze pola. Pada peningkatan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD melalui bermain mazepola dilakukan berdasarkan indikator meniru pola, memperkirakan urutan berikutnya dan menciptakan pola. Pemberian motivasi dan reward berupa stiker dapat menambah semangat anak untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dari pratindakan sebesar 26,04% berada pada kriteria mulai berkembang, di siklus I meningkat menjadi 37,49% pada kriteria mulai berkembang, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 81,24% pada kriteria berkembang sangat baik. Kata kunci: kemampuan mengenal pola, bermain maze pola, kelompok B1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:17
Last Modified: 07 Jan 2022 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71734

Actions (login required)

View Item View Item