KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASYITOH NDASARI BUDI KRAPYAK, SEWON, BANTUL

Khalimatus, Sa’diyah (2021) KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASYITOH NDASARI BUDI KRAPYAK, SEWON, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Khalimatus_Sa'diyah_13111241065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang perlu diteliti untuk melihat tahapan perkembangan anak dan strategi yang tepat berdasarkan hasil temuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan berbicara anak usia 5-6 di TK Masyitoh Ndasari Budi. Kemampuan anak dalam berbicara yang diteliti meliputi kemampuan anak untuk berbicara secara jelas, kemampuan anak untuk berbicara secara lancar, dan kemampuan anak untuk membentuk kalimat terstruktur yang terdiri dari 3 sampai 6 kata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dengan wawancara dengan guru, kemudian dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi kemampuan berbicara anak melalui video rekaman. Subjek sasaran dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Masyitoh Ndasari Budi dan dengan informan tambahan yaitu kepala sekolah, guru dan orang tua murid. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Masyitoh berkembang sesuai dengan harapan. Perkembangan berbicara anak di TK Masyitoh telah sesuai dengan indikator yang ada di Satuan Tingkat Pencapaian Perkembangan anak. Hasil dari penilaian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan anak untuk berbicara dengan lancar telah berkembang sesuai harapan, selain itu kemampuan anak dalam berbicara dengan jelas telah berkembang dengan baik serta kemampuan anak untuk membentuk kalimat terstruktur menggunakan 3 sampai 6 kata juga telah berkembang sesuai dengan harapan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penilaian menunjukkan perkembangan kemampuan berbicara anak telah berkembang sesuai harapan. Kata kunci: kemampuan berbicara, anak usia 5-6 tahun,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:15
Last Modified: 07 Jan 2022 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71733

Actions (login required)

View Item View Item