IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF SELAMA MASA BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK KELOMPOK A2 TK ABA JOGOKARYAN

Hikmatul, Husna (2021) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF SELAMA MASA BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK KELOMPOK A2 TK ABA JOGOKARYAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_PG PAUD_HIKMATUL HUSNA_14111244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK ABA JOGOKARYAN selama belajar di rumah. Dalam penelitian yang dinilai adalah mendeskripsikan implementasi pengenalan huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK ABA Jogokaryan. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas A, orang tua siswa kelas A, dan anak kelas A. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pengenalan huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK ABA JOGOKARYAN di kelas A2 selama belajar di rumah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan dimulai dengan membuat perencanaan pembelajaran harian, kemudian dikirimkan kepada orangtua melalui whatsapp group atau memberikan kepada orangtua langsung ketika datang ke sekolah. 2) Pelaksanaan pengenalan huruf diperankan oleh orangtua dengan cara mendampingi dan mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan melalui dokumentasi yang dilaporkan oleh orangtua di whatsapp group. 4) Faktor pendukung meliputi adanya bimbingan dari orangtua dalam pengenalan huruf selama anak belajar di rumah, adanya media online yang dijadikan sebagai alat komunikasi guru dan orangtua, serta adanya program khusus di televisi yang digunakan untuk membantu belajar anak selama di rumah. Sedangkan faktor penghambat yaitu sebagian keluarga yang tidak membiasakan pengenalan huruf, kesibukan orang tua, serta perubahan suasana hati dan kurangnya semangat belajar anak. Kata kunci: Pengenalan Huruf, Belajar di Rumah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:08
Last Modified: 07 Jan 2022 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71732

Actions (login required)

View Item View Item