PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN UNTUK SISWA KELAS V SDN BRENGOSAN 1 SLEMAN

Christanti, Titis Amelia (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN UNTUK SISWA KELAS V SDN BRENGOSAN 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Titis Amelia Christanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis Android yang layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan bagi siswa kelas V SDN Brengosan 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android ini dilakukan menggunakan 7 dari 10 langkah pengembangan yaitu penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, revisi hasil uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V sekolah dasar. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah multimedia interaktif berbasis Android materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan yang layak digunakan untuk pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap perencanaan, validasi ahli, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kriteria “sangat layak”, sementara itu hasil validasi ahli materi terakhir memperoleh skor 4,33 dengan kriteria “sangat layak”. Selanjutnya untuk penilaian oleh guru memperoleh skor 4,32 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji coba memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kriteria “sangat layak” pada uji coba lapangan awal, serta memperoleh skor rata-rata 4,76 dengan kriteria “sangat layak” pada uji coba lapangan utama. Berdasarkan uraian terebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Android materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Kata kunci: multimedia interaktif, Android, pembelajaran IPS, kelas V SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:33
Last Modified: 07 Jan 2022 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71730

Actions (login required)

View Item View Item