PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Efendi, Rifa and Wiyatmo, Yusman (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATA PELAJARAN FISIKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rifa Efendi_Skripsi_17302241007_Pend. Fisika I.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional yang layak untuk pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi peserta didik SMA, (2) mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik SMA yang menggunakan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMA yang menggunakan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional. (4) mengetahui keefektifan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMA pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model 4-D yang terdiri dari beberapa tahapan, yakni define, design, develop, dan disseminate. Adapun produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah E-Modul berbasis Aplikasi Flip Pdf Profesional dengan materi Usaha dan Energi. Kemudian untuk uji coba produk meliputi uji terbatas yang melibatkan peserta didik kelas X MIPA 2 SMA N 1 Sedayu dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas X MIPA 4 SMA N 1 Sedayu. Sementara itu, instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari RPP, E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional, lembar penilaian, lembar validasi, angket respon peserta didik, angket kemandirian belajar, soal pretest-posttest, dan lembar keterlaksanaan RPP. Analisis kelayakan RPP dan e-modul menggunakan SBi, validasi instrumen pengambilan data menggunakan Aiken’s V, reliabilitas butir angket dan soal pretest-posttest menggunakan Alpha Cronbach, peningkatan kemandirian dan hasil belajar ranah kognitif menggunakan standard gain, serta analisis untuk mengetahui efektifitas media menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional layak digunakan untuk pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi peserta didik SMA dengan nilai rata-rata sebesar 4,68 dalam kategori sangat baik, (2) peningkatan kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional termasuk dalam kategori rendah dengan nilai standard gain sebesar 0,158, dan (3) peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik yang menggunakan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional termasuk dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,50. (4) E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional efektif untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik berdasarkan hasil analisis uji t pada kemandirian belajar sebesar 0,037 dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik sebesar 0,001. Kata Kunci: e-modul, Flip Pdf Profesional, kemandirian belajar, hasil belajar ranah kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Jan 2022 08:22
Last Modified: 06 Jan 2022 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71726

Actions (login required)

View Item View Item