PENGEMBANGAN DIGITAL PICTURE BOOK PADA MATERI MERAWAT TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA SISWA KELAS II SDN 01 SIDOWALUYO

Rinka, Asiah Ario (2022) PENGEMBANGAN DIGITAL PICTURE BOOK PADA MATERI MERAWAT TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA SISWA KELAS II SDN 01 SIDOWALUYO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Asiah Ario Rinka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan produk digital picture book untuk kegiatan literasi baca siswa kelas II SDN 01 Sidowaluyo. Materi yang dikembangkan dalam digital picture book adalah materi Merawat Tumbuhan tema 6 subtema 4. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan menggunakan 7 dari 10 langkah yang terdapat pada model Borg & Gall (1983). Tahap yang dilakukan yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk penelitian ini yaitu berupa digital picture book sudah dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan literasi baca siswa kelas II di Sekolah Dasar. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil validasi materi yang mendapatkan rata-rata skor 4,44 dengan kategori “sangat layak” dan validasi media yang mendapatkan rata-rata skor 5 dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba lapangan awal persentase hasil respon guru sebagai pengguna praktisi yaitu 100% dengan kategori “sangat layak” dan persentase hasil respon siswa sebagai pengguna yaitu 93,33% dengan kategori “sangat layak”. Hasil angket respon siswa sebagai pengguna pada uji coba lapangan utama mendapatkan persentase 100% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian media digital picture book dapat dinyatakan layak untuk kegiatan literasi baca siswa kelas II Sekolah Dasar. Kata kunci: media, digital picture book, materi merawat tumbuhan, literasi baca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:56
Last Modified: 06 Jan 2022 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71722

Actions (login required)

View Item View Item