IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 WATES TAHUN AJARAN 2020/2021

Nisa, Khoirun (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 WATES TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Khoirun Nisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPS berbasis daring pada siswa kelas V SD Negeri 4 Wates tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya yaitu mengenai implementasi pembelajaran IPS berbasis daring pada siswa kelas V SD Negeri 4 Wates tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa pedoman observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu guru, siswa dan wali siswa kelas V. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini dapat dilihat melalui beberapa aspek sebagai berikut. (1) Perencanaannya yaitu menggunakan sistem daring, menerapkan kebijakan sesuai keputusan dinas pendidikan, menyiapkan fasilitas, aplikasi pembelajaran, RPP, media, bahan ajar, dan LKPD. (2) Pelaksanaan terlihat dari kegiatan memberikan salam dan doa, mengkoordinasikan pembelajaran, memantau keaktifan siswa, memberikan bahan ajar dan LKPD, menerapkan metode dalam pembelajaran, memantau pengumpulan tugas siswa, evaluasi pembelajaran, dan memberikan doa penutup. (3) Evaluasi dilaksanakan melalui penilaian afektif, kognitif dan psikomotor serta musyawarah evaluasi pembelajaran daring. (4) Dampak positif pembelajaran daring yaitu siswa tetap dapat belajar meskipun sedang masa pandemi dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait pemanfaatan teknologi, serta dampak negatif yang dirasakan yaitu kurangnya pemahaman materi dan gangguan pada kesehatan mata siswa karena penggunaan handphone yang terlalu lama. (5) Hambatan pembelajaran daring yaitu siswa tidak dapat melakukan tanya jawab langsung dengan guru, penyampaian materi pembelajaran menjadi terhambat, dan kendala sinyal yang tidak stabil. (6) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pembelajaran daring yaitu siswa harus melatih diri untuk mendiri dalam belajar dan mengupayakan untuk mencari sinyal yang stabil. Kata kunci: mata pelajaran IPS, kelas V, pembelajaran daring

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:53
Last Modified: 06 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71721

Actions (login required)

View Item View Item