PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD IT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA

Irba, Khafisya Safira (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD IT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Khafisya Safira Irba.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran guru bimbingan dan konseling (BK) dalam melaksanakan pendidikan karakter disiplin siswa di SD IT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi yang tidak banyak terjadi pada sekolah dasar pada umumnya, yakni adanya keterlibatan dan peran dari guru BK dalam pendidikan karakter disiplin siswa di SD IT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling (Guru BK), Kepala Sekolah dan Guru Kelas IV. Objek penelitian ini berupa penanaman karakter disiplin siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui langkah-langkah analisis data menurut Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pendidikan karakter disiplin siswa, guru BK telah menjalankan tiga peran yaitu (1) berperan sebagai pengampu program Bina Pribadi Islam (BPI) yang sarat akan nilai-nilai kedisiplinan, (2) berperan melakukan pencegahan dan perbaikan dalam proses pendidikan karakter disiplin siswa di sekolah, dan (3) berperan sebagai teladan dalam memberikan pembiasaaan-pembiasaan kedisiplinan. Strategi pendidikan karakter disiplin yang digunakan oleh guru BK adalah strategi pendekatan positif dengan metode kebebasan terkendali. Selanjutnya, faktor yang menjadi pendukung dan penghambat proses pendidikan karakter disiplin siswa di sekolah adalah kondisi siswa itu sendiri, lingkungan siswa, kondisi guru dan kondisi orangtua/wali siswa. Kata kunci: Guru BK, Disiplin Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:32
Last Modified: 06 Jan 2022 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71717

Actions (login required)

View Item View Item