PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP GEMAR MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Novalia, Ardita Ayu (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP GEMAR MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ARDITA AYU NOVALIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya gemar membaca siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Minggir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap gemar membaca siswa, pengaruh penggunaan gadget terhadap gemar membaca siswa, serta pengaruh lingkungan keluarga dan penggunaan gadget terhadap gemar membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman yang berjumlah 209 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 137 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling dan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan instrumen pengumpulan data menggunakan skala gemar membaca, lingkungan keluarga, dan penggunaan gadget. Uji validitas ini menggunakan teknik exspert judgement dan validitas iitem yang dihitung dengan menggunakan koefisien korelasi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial terhadap gemar membaca siswa dengan sumbangan sebesar 25,2%; 2) penggunaan gadget berpengaruh secara parsial terhadap gemar membaca siswa dengan sumbangan sebesar 20,4%; 3) lingkungan keluarga dan penggunaan gadget berpengaruh secara simultan terhadap gemar membaca siswa dengan sumbangan sebesar 45,6%. Kata kunci: lingkungan keluarga, penggunaan gadget, gemar membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:10
Last Modified: 06 Jan 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71716

Actions (login required)

View Item View Item