Puspita, Noormalita Dian (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME TEKA-TEKI SILANG BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKS NON FIKSI DI KELAS IV SD NEGERI GODEAN 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Noormalita Dian P.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas kelayakan media pembelajaran aplikasi game teka-teki silang berbasis android dalam pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 (Pahlawanku) materi teks non fiksi di SD Negeri Godean 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut research and development melalui 5 langkah dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation) yang diadaptasi dari Lee & Ownes. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi media dan materi oleh ahli, media telah layak digunakan dengan hasil 37,00 untuk hasil akhir validasi ahli materi dengan kategori “Sangat Baik”dan hasil 34,00 untuk hasil akhir validasi ahli media dengan kategori “Baik”. Pada uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil skor rata-rata 33,83 dengan kategori “Sangat Baik”, uji coba kelompok besar/lapangan menunjukkan hasil skor rata-rata 36,38 dengan kategori “Baik”. Secara keseluruhan, media ini sudah dapat digunakan sebagai stimulasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada Tema 5 (Pahlawanku) materi teks non fiksi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Android
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 07:14 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 07:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71706 |
Actions (login required)
View Item |