IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SOMPOKAN YOGYAKARTA

Yuliana, Latifah Herda (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SOMPOKAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Latifah Herda Yuliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui pembelajaran daring di SD Negeri Sompokan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian desktiptif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, guru kelas, dan siswa. Objek penelitian yaitu pendidikan karakter religius melalui pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan karakter religius melalui pembelajaran daring pada program pengembangan diri dilakukan dengan kolaborasi orang tua dan guru mempraktikan kontrol ibadah: 1) kegiatan rutin melalui sholat wajib, sholat dhuha dan rawatib, TPA, hafalan juz 30 dan doa pendek. 2) kegiatan spontan melalui kisah inspiratif, nasihat-nasihat, serta teguran bagi siswa yang tidak beribadah. 3) keteladanan: membiasakan disiplin sholat, berdoa sebelum mengerjakan suatu hal, mengikuti ibadah bersama siswa. 3) pengkondisian: adanya peraturan, tempat ibadah, alat ibadah, tempat wudhu, tulisan dinding bersifat religius, kuota dan WiFi, penggunaan aplikasi dan media online. Integrasi pembelajaran: 1) kegiatan pendahuluan melalui mengucap salam, berdoa, dan membaca surah pendek. 2) kegiatan inti dengan pengintegrasian karakter religius dalam materi pembelajaran, mengingatkan siswa beribadah. 3) kegiatan penutup yaitu mengucap salam penutup dan berdoa. Kultur keluarga dengan kerjasama antara orang tua dan guru berupa kegiatan sholat, mengucap salam, hafalan Al Quran, pengajian dan ceramah keagamaan, musyawarah mufakat, menyantuni orang yang membutuhkan, serta bersikap sopan dan santun. Kata kunci: karakter religius, pembelajaran daring

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:12
Last Modified: 05 Jan 2022 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71705

Actions (login required)

View Item View Item