PENGEMBANGAN MEDIA KARSAJAWA (KARTU SAMBUNG AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA KELAS IV SDN NGRENAK

Utami, Khadijah Putri (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARSAJAWA (KARTU SAMBUNG AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA KELAS IV SDN NGRENAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Khadijah Putri Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta kepraktisan media KARSAJAWA untuk pembelajaran membaca aksara Jawa untuk siswa kelas IV SDN Ngrenak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall yang terdiri atas 10 langkah. Penelitian ini hanya sampai pada tahap ketujuh, adapun ketujuh langkah tersebut yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba awal, uji coba lapangan utama, dan revisi uji coba lapangan utama. Subjek uji coba awal adalah 4 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 8 siswa kelas IV SD Negeri Ngrenak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian media bagi ahli media dan materi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KARSAJAWA layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,3 dan persentase hasil 86% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi dari ahli media memperoleh nilai 4,1 dan persentase hasil 82% dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon guru pada uji coba lapangan awal memperoleh nilai rata-rata 4,5 dan persentase hasil 90% dalam kategori “sangat praktis” dan respon siswa memperoleh nilai rata-rata 4,5 dan persentase hasil 90% dalam kategori “sangat praktis”. Uji coba lapangan utama penelitian ini memperoleh nilai rata-rata 4,75 dan persentase hasil 95% dari respon guru dan 4,4 dan persentase hasil 88% dari respon siswa keduanya termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Kata kunci: media pembelajaran, media KARSAJAWA, aksara Jawa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:28
Last Modified: 05 Jan 2022 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71702

Actions (login required)

View Item View Item