PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING UNTUK PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT KELAS IV SD NEGERI DALANGAN, SLEMAN

Yahya, Ulfah Rahmawanti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING UNTUK PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT KELAS IV SD NEGERI DALANGAN, SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ulfah Rahmawanti Yahya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran digital storytelling yang layak digunakan untuk materi keragaman rumah adat di Indonesia pada kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) yang dipopulerkan oleh Reiser dan Mollenda. Subjek uji coba yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dalangan, Sleman Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek uji coba perorangan melibatkan sebanyak 3 orang siswa, sedangkan uji coba lapangan melibatkan 27 siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah media digital storytelling materi keragaman rumah adat yang layak digunakan untuk kelas IV sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 3,90 dengan kriteria “baik”. Hasil validasi media memperoleh nilai rata-rata 4,20 dengan kriteria “baik”. Hasil penilaian dari guru memperoleh nilai rata-rata 4,90 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba perorangan memperoleh nilai rata- rata 4,33 dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba lapangan memperoleh nilai rata-rata 4,42 dengan kriteria “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media digital storytelling dinyatakan layak digunakan untuk materi keragaman rumah adat pada kelas IV SD. Kata kunci: media digital storytelling, IPS, kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:34
Last Modified: 05 Jan 2022 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71700

Actions (login required)

View Item View Item