PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ESTIMASI BERHITUNG DI SEKOLAH DASAR

Muh., Rizal (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ESTIMASI BERHITUNG DI SEKOLAH DASAR. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0

[img]
Preview
Text
PM-5 - Muh Rizal.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendiskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran matematika SD yang menggunakan estimasi berhitung. Untuk mencapai tujuan tersebut dapat menggunakan metode pengembangan dengan mengacu kepada pengembangan model Dick dan Carey yang dimodifikasi yakni (1) Analisis kebutuhan, (2) persiapan pengembangan bahan ajar, (3) pengembangan bahan ajar, (4) Pengujian, Evaluasi dan revisi. Setelah perangkat tersusun (prototipe I), selanjutnya dilakukan evaluasi tahap I (validasi I) yang dinilai oleh pakar yang berkompeten dalam bidang ini. Kegiatan validasi ini untuk melihat kebenaran konsep, kesesuaian konsep dengan siswa, materi dengan tujuan, bahasa dan format perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil revisi dari penilaian oleh pakar diperoleh prototipe II yang akan diuji coba di kelas. Dari hasil uji coba dilakukan lagi revisi dan diperoleh prototipe III yang merupakan paket perangkat pembelajaran yang diharapkan. Kata kunci: Estimasi berhitung, perangkat pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Estimasi berhitung, perangkat pembelajaran
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 05 Nov 2012 00:26
Last Modified: 05 Nov 2012 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7170

Actions (login required)

View Item View Item