PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAME TRASH DROP GUNA MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI SARIKARYA YOGYAKARTA

Sholihah, Dinda (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAME TRASH DROP GUNA MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI SARIKARYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DINDA SHOLIHAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini membahas tentang rendahnya pengetahuan siswa terhadap lingkungan dalam pendidikan karakter. Kesadaran siswa akan karakter peduli lingkungan masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kelayakan Game Trash Drop sebagai media pembelajaran pada materi karakter peduli lingkungan siswa kelas I SD Negeri Sarikarya berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media serta kepaktrisan penggunaan media Game Trash Drop dalam pembelajaran materi Lingkungan Hidup. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Game Trash Drop dinilai kelayakannya oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Media ini juga dinilai kepraktisannya oleh satu guru dan 28 siswa uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Game Trash Drop layak digunakan di sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap desain produk, validasi materi, validasi media, uji coba produk. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan katagori “Baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,9 dengan katagori “Sangat Baik”. Uji coba produk dari hasil angket siswa memperoleh nilai rata-rata 27,9 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari angket guru memperoleh nilai rata- rata 5 dengan katagori “Sangat Baik”. Kata kunci: media, permainan, peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:31
Last Modified: 05 Jan 2022 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71699

Actions (login required)

View Item View Item