PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN AJAR IPS KELAS IV SD N 1 JANGKRIKAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021

Purwanti, Aghni (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN AJAR IPS KELAS IV SD N 1 JANGKRIKAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aghni Purwanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam muatan ajar IPS melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SD N 1 Jangkrikan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiridari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Siklus pertama dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitiannya adalah 19 siswa kelas IV SD N 1 Jangkrikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawanacara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada muatan ajar IPS. Peneliti memperoleh hasil bahwa : hasil belajar siswa meningkat dari rerata 78,68 dan keuntasan 100% pada siklus II menjadi rerata 90,94 dan ketuntasan 100%. Sedangkan hasil observasi keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan, pada siklus I sebersar keaktifan belajar kategori tinggi sebesar 68% dari jumlah siswa keseluruhan dan siswa yang memiliki keaktifan kategori sedang sebesar 32% dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada siklus II, keaktifan belajar siswa kelas IV mengalami perbaikan menjadi 100% tergolong tinggi dan tidak ada lagi siswa yang berada pada kategori keaktifan sedang, rendah, maupun sangat rendah. Kata kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:52
Last Modified: 04 Jan 2022 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71685

Actions (login required)

View Item View Item