PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID GUNA MENANAMKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGRENAK SLEMAN

Khasanah, Ristya Aulia (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID GUNA MENANAMKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGRENAK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ristya Aulia Khasanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis Android yang layak dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran berbasis Android guna menanamkan pemahaman konsep materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SD Negeri Ngrenak Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi pendekatan ADDIE dengan 4 langkah yaitu: 1) analysis, 2) design, 3) development, dan 4) implementation. Subjek uji coba yaitu 6 siswa kelas V SD Negeri Ngrenak. Uji coba yang dilaksanakan yaitu uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) multimedia pembelajaran berbasis Android dikembangkan dengan mereduksi model pengembangan Robert Mariabe Branch dengan pendekatan ADDIE, 2) multimedia pembelajaran berbasis Android layak digunakan sebagai media guna menanamkan pemahaman konsep materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SD Negeri Ngrenak, terbukti dari hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,9 dengan persentase hasil sebesar 95% (sangat layak), hasil validasi ahli media mendapatkan rata-rata skor akhir sebesar 4,5 dengan persentase hasil sebesar 90% (sangat layak). Pada uji coba perorangan diperoleh rata-rata skor respon siswa sebesar 4,6 dengan persentase hasil sebesar 92% (sangat layak), sedangkan uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor respon siswa sebesar 4,7 dengan persentase hasil sebesar 95% (sangat layak). Selain itu, hasil pre test dan post test pada uji coba perorangan nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 40 poin dengan perhitungan N-Gain sebesar 0,89 (tinggi), sedangkan hasil pre test dan post test pada uji coba kelompok kecil nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 45 poin dengan perhitungan N- Gain sebesar 1,0 (tinggi). Kata kunci: multimedia pembelajaran, Android, sistem pernapasan manusia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:28
Last Modified: 03 Jan 2022 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71648

Actions (login required)

View Item View Item