IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS III MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DI SEKOLAH DASAR NEGERI GERJEN

Puspaningsih, Deviana (2022) IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS III MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DI SEKOLAH DASAR NEGERI GERJEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Deviana Puspaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran online dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas III dengan tiga tahap diantaranya adalah 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, 3) Evaluasi. Kegiatan pembelajaran online dilaksanakan dengan tujuan memenuhi hak peserta didik dalam memperoleh pendidikan meskipun dimasa pandemi seperti sekarang ini. Selain itu pembelajaran online juga dijadikan wahana dalam pengembangan pendidikan karakter pada peserta didik di sekolah. Sedangkan pembentukan karakter disiplin pada peserta didik bertujuan untuk membuat siswa menjadi patuh pada peraturan sekolah atau perintah guru. Penanaman disiplin di sekolah juga penting dalam membantu membiasakan siswa mengendalikan dan mengekang perilaku menyimpang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah analisisnya yaitu: analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi karakter disiplin melalui kegiatan pembelajaran online terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang digunakan dibuat sendiri oleh guru dan sudah menunjukkan pengintegrasian karakter. Sedangkan pada hal pelaksanaan, guru mengimplementasikannya melalui kegiatan pembelajaran online, kegiatan spontan, penanaman kedisiplinan, serta menciptakan suasana yang kondusif. Pada evaluasi, guru melakukan penilaian terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa pada saat mengikuti pembelajaran. Pada pembelajaran online, guru mengembangkan nilai karakter disiplin yang dikembangkan meliputi mandiri, menghargai waktu, bertanggung jawab, kerja keras dan mampu mengembangkan kemampuannya sendiri. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin adalah pola asuh keluarga dan sinyal yang susah. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Online, Disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:56
Last Modified: 03 Jan 2022 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71642

Actions (login required)

View Item View Item