TINGKAT KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR PATALAN BARU KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI

Setiawan, Andri Yoga (2022) TINGKAT KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR PATALAN BARU KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Andri Yoga Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)

Abstract

Pendidikan jarak jauh atau daring memang menjadikan guru, orang tua dan peserta didik bekerjasama dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal menarik untuk dilakukan penelitian karena dalam proses kerjasama pembelajaran daring menjadi seringkali tidak hanya sulit bagi siswa dan orang tua akan tetapi juga bagi Guru SD Patalan Baru. Oleh karena itu dalam penelitan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan faktor penyebab kesulitan pelaksanaan pembelajaran daring yang dialami oleh guru Sekolah Dasar Patalan Baru. Pada penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian campuran atau mixed method. Teknik pengumpulan data yang pertama menggunakan angket dengan data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif yaitu dengan wawancara. Dari data yang didapat tersebut kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Dengan jumlah responden yang terlibat 18 orang dengan 3 guru dijadikan subjek dalam penelitian. Berdasarkan hasil dan pembehasan maka dapat disimpulkan bahwa 39% guru mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi pada ketegori sulit dengan atribut kinerja yang muncul sebagai penyebab kesulitan pembelajaran daring yang dominan yaitu masa kerja. Sedangkan penyebab kesulitan subjek dapat diketahui disebabkan oleh faktor kesulitan membuat RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dalam hal menentukan rencana kegiatan dan menentukan beban kerja. Pada tahap proses, faktor penyebab kesulitan yaitu pemilihan metode yang tepat dan keterbatasan fasilitas serta pada tahap evaluasi kesulitan pada pengukuran sikap. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Tingkat kesulitan dan faktornya, Masa kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:44
Last Modified: 03 Jan 2022 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71641

Actions (login required)

View Item View Item