PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS DAN KEHIDUPAN NEGARA-NEGARA ASEAN BAGI SISWA KELAS VI SD N KLEDOKAN

Khamamah, Chofifatun (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS DAN KEHIDUPAN NEGARA-NEGARA ASEAN BAGI SISWA KELAS VI SD N KLEDOKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Chofifatun Khamamah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android yang layak digunakan dalam pembelajaran. Media ini hanya dikhususkan untuk materi karakteristik geografis dan kehidupan negara-negara ASEAN bagi siswa kelas VI di SD N Kledokan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima langkah yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SD N Kledokan, dengan subjek uji coba terbatas 3 siswa dan uji coba lapangan 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan pemberian skala penilaian untuk validasi ahli materi dan ahli media, penilaian oleh guru kelas dan siswa. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis android layak untuk digunakan pada pembelajaran di kelas VI SD N Kledokan. Hal ini terbukti dari hasil validasi oleh ahli materi dengan skor rata-rata 4,46 masuk kategori “sangat layak”, dan hasil terakhir validasi oleh ahli media dengan skor rata 4,88 masuk kategori “sangat layak”. Hasil penilaian oleh guru kelas dengan skor rata-rata 4,8 masuk kategori “sangat praktis”. Hasil uji coba terbatas dengan skor rata-rata 4,54 dan hasil uji coba lapangan dengan skor rata-rata 4,53. Hasil dari kedua uji coba yang dilakukan semuanya masuk dalam kategori “sangat praktis”. Kata kunci: media pembelajaran berbasis android, karakteristik geografis dan kehidupan negara-negara ASEAN, kelas VI SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:27
Last Modified: 03 Jan 2022 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71639

Actions (login required)

View Item View Item