PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID GUNA MEMBERIKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kamila, Cahya Ulfa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID GUNA MEMBERIKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Cahya Ulfa Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran mobile learning berbasis android yang layak dan praktis digunakan siswa kelas V Sekolah Dasar untuk memberikan pemahaman konsep sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media mobile learning berbasis android materi sistem peredaran darah manusia dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Hasil validasi materi terhadap media tersebut memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “layak”. Hasil validasi media terakhir memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori “layak”. Hasil penilaian guru pada uji coba perseorangan memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kategori “praktis” dan pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata- rata 4,9 dengan kategori “praktis”. Hasil uji coba perseorangan memperoleh nilai rata- rata 4,53 dengan kategori “praktis” dan uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata- rata 4,7 dengan kategori “praktis”. Media mobile learning berbasis android ini dapat digunakan untuk memberikan pemahaman konsep peredaran darah manusia. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata post test siswa lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata pre test siswa. Hasil peningkatan nilai siswa pada uji coba perseorangan sebesar 73,34% serta pada uji coba kelompok kecil meningkat sebesar 91,67%. Kata kunci: media, mobile learning, android, sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:22
Last Modified: 03 Jan 2022 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71638

Actions (login required)

View Item View Item