ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 KRETEK

Dewi, Risky Kurnia (2022) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 KRETEK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Risky Kurnia Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan ejaan bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas VA SD Negeri 1 Kretek. Aspek kesalahan penulisan ejaan meliputi pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu karangan narasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan teknik catat. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman kriteria kesalahan penulisan ejaan. Validitas intrumen penelitian ini adalah validitas isi. Reliabilitas penelitian ini adalah stabilitas, reproduktabilitas, dan keakuratan. Unit analisis pada penelitian ini meliputi pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari unitizing, sampling, recording, reducting, inferring, dan naratting. Prosedur atau cara kerja analisis kesalahan ejaan terdiri atas beberapa tahap, diantaranya sebagai berikut (1) mengumpulkan karangan narasi siswa, (2) mengidentifikasi kesalahan, (3) mengklasifikasi kesalahan, (4) menjelaskan kesalahan, dan (5) mengkoreksi/membaca ulang kesalahan, menyimpulkan hasil penelitian, dan memberikan saran kepada pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan jumlah keseluruhan kesalahan penulisan ejaan dari 21 karangan narasi siswa kelas VA SD Negeri 1 Kretek diperoleh kesalahan sebanyak 811 atau 100%, yang meliputi: (1) jumlah kesalahan pemakaian huruf sebanyak 303 kesalahan atau 37,36%, (2) jumlah kesalahan penulisan kata sebanyak 239 kesalahan atau 29,47%, (3) jumlah kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 231 kesalahan atau 28,48%, dan (4) jumlah kesalahan penulisan unsur serapan sebanyak 38 kesalahan atau 4,69%. Kesalahan penulisan ejaan yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penulisan awal kalimat (pemakaian huruf kapital), kata depan (penulisan kata), dan tanda titik (pemakaian tanda baca). Kesalahan penulisan ejaan yang paling sedikit ditemukan adalah penulisan nama orang (pemakaian huruf kapital), angka dan bilangan (penulisan kata), dan tanda titik dua (pemakaian tanda baca). Kata kunci: analisis kesalahan penulisan ejaan, karangan narasi, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:40
Last Modified: 03 Jan 2022 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71636

Actions (login required)

View Item View Item