PENGEMBANGAN MEDIA “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BAHASA” BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV

Sukartini, Fitri (2022) PENGEMBANGAN MEDIA “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BAHASA” BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fitri Sukartini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media IPS tentang keragaman suku dan bahasa berbasis Lectora Inspire yang layak digunakan dalam pembelajaran kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu 4-D (Define, Design, Delevop, Disseminate). Penelitian ini dikembangkan sampai tahap Develop. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu 13 siswa kelas IV sekolah dasar yang tinggal di sekitar rumah peneliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kuantitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah media IPS tentang keragaman suku dan bahasa berbasis Lectora Inspire yang valid, berkualitas, dan layak dalam pembelajaran kelas IV SD. Produk penelitian telah melalui tahap define, design, dan develop. Hasil penilaian materi memperoleh skor rata-rata 4,2 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Hasil penilaian media memperoleh skor rata-rata 3,9 memiliki tingkat validitas dan kualitas “tinggi”. Hasil penilaian guru dari guru memperoleh skor rata-rata 4,7 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Hasil uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 4,6 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi” dan uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,7 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media berbasis Lectora Inspire adalah 69, nilai rata-rata setelah menggunakan media berbasis Lectora Inspire adalah 90. Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman materi keragaman suku bangsa dan bahasa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media keragaman suku bangsa dan bahasa berbasis Lectora Inspire dinyatakan layak dan mempunyai kualitas tinggi sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran kelas IV. Kata kunci: media, IPS, siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:14
Last Modified: 03 Jan 2022 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71632

Actions (login required)

View Item View Item