PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PETA PUZZLE KEBUDAYAAN PULAU JAWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SINGOSAREN KABUPATEN BANTUL

Pangestu, Chairunnisa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PETA PUZZLE KEBUDAYAAN PULAU JAWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SINGOSAREN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
CHAIRUNNISA PANGESTU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media peta puzzle budaya yang layak digunakan untuk pembelajaran di kelas IV di SD Negeri Singosaren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian pengembangan mengacu pada model Borg and Gall dengan tujuh langkah yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Analisis data menggunakan konversi data kuantitaif ke kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media peta puzzle budaya layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan kategori “baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori “sangat baik”. Uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,64 dengan kategori “sangat baik”. Hasil respon guru pada uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,06 dengan kategori “baik”. Uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata respon siswa 4,83 dengan kategori “sangat baik”. Hasil respon guru pada uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan kategori “baik”. Kata kunci: media peta puzzle budaya, IPS, kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:11
Last Modified: 03 Jan 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71630

Actions (login required)

View Item View Item