PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI EDUCANDY TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN SLEMAN

Sari, Wening (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI EDUCANDY TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Wening Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Game Edukasi Educandy terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri Se- Gugus II Kecamatan Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Se-Gugus II Kecamatan Sleman dengan sampel 21 siswa berasal dari SDN Dalangan sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa berasal dari SDN Caturharjo sebagai kelompok kontrol. Objek dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen yang berbentuk tes berupa pretest dan postest kosakata Bahasa Inggris. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent t-test yang sebelumnya telah melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan game edukasi Educandy terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus II Kecamatan Sleman. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent t-test menunjukkan nilai |thitung|= 4,083 > ttabel = 2,022 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Rata- rata pretest kelompok eksperimen sebesar 62,48 sementara rata-rata postest sebesar 74,86 sedangkan rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 61,00 sementara rata-rata postest sebesar 63,20. Hal tersebut menunjukkan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa yang pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan menggunakan game edukasi educandy. Kata kunci : game edukasi educandy, penguasaan kosakata bahasa inggris, muatan bahasa inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 02:49
Last Modified: 03 Jan 2022 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71628

Actions (login required)

View Item View Item