PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS V KAPANEWON SEMIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Anjarwati, Dewi (2022) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS V KAPANEWON SEMIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dewi Anjarwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa; 2) mengetahui seberapa besar keterlibatan orang tua dalam belajar; dan 3) mengetahui seberapa besar pengaruh keterlibatan orang tua dalam belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN se-Gugus V Kapanewon Semin Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-Gugus V, Kapanewon Semin yang berjumlah 132 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode angket untuk data keterlibatan orang tua dalam belajar, dan dokumentasi untuk data hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif serta pengujian hipotesis dengan analisis korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua siswa dalam kegiatan belajar mayoritas tergolong sedang sebesar 56,8% dan hasil belajar siswa didominasi oleh kategori cukup yang masih memerlukan bimbingan sebesar 61,4%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh antara keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan nilai dan thitung> ttabel yaitu 8,964 > 1,977 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk nilai koefisien determinasi diperoleh hasil 0,382 yang berarti keterlibatan orang tua dalam belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 38,2% dan sisanya 61,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: keterlibatan orang tua dalam belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:45
Last Modified: 03 Jan 2022 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71621

Actions (login required)

View Item View Item