PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN NGEMPLAK

Kartika, Annisa Tiara (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN NGEMPLAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Annisa Tiara Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa kelas V SD Negeri se-Gugus II Kecamatan Ngemplak. Hal ini dapat dilihat dari siswa belum memiliki inisiatif untuk membaca dengan kemauan sendiri, siswa kurang tertarik berkunjung ke perpustakaan, dan terdapat siswa yang tidak membaca dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat baca, 2) mengetahui seberapa besar pengaruh rasa ingin tahu terhadap minat baca, dan 3) mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga dan rasa ingin tahu terhadap minat baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post- facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus II Kecamatan Ngemplak sebanyak 158 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Instrumen yang digunakan berupa skala lingkungan keluarga, skala rasa ingin tahu, dan skala minat baca. Uji validitas instrumen dengan teknik expert judgement, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien alpha cronbach. Penelitian ini menggunakan tiga tahap analisis yaitu analisis statistik deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat baca sebesar 22,9%. Artinya, semakin tinggi lingkungan keluarga yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula minat baca siswa. 2) rasa ingin tahu berpengaruh positif terhadap minat baca sebesar 11,2%. Artinya, semakin tinggi rasa ingin tahu siswa, maka semakin tinggi pula minat baca siswa. 3) lingkungan keluarga dan rasa ingin tahu secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat baca sebesar 27%. Artinya semakin tinggi lingkungan keluarga dan rasa ingin tahu yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula minat baca siswa. Kata kunci: lingkungan keluarga, rasa ingin tahu, minat baca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:34
Last Modified: 03 Jan 2022 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71620

Actions (login required)

View Item View Item