IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN PKS (PATROLI KEAMANAN SEKOLAH) DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA

Dewi, Utari Afita (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN PKS (PATROLI KEAMANAN SEKOLAH) DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Utari Afita Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelaksanaan program Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dalam menerapkan karakter disiplin di Sekolah Dasar Muhamadiyah Karangkajen dengan melalui tiga tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Kegiatan PKS di SD M Karangkajen merupakan salah satu kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang menjadi keunggulan dari SD M Karangkajen, selain itu PKS SD M Karangkajen bertujuan untuk mengontrol keseharian siswa dan membentuk karakter siswa sesuai yang diharapkan oleh sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer yaitu kepala sekolah, ketua PPK, koordinator PKS, Bendahara PPK dan perwakilan siswa dan sumber data sekunder seperti laporan kegiatan, arsip foto, evaluasi dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan triangulasi sumber dan analisis data dengan tahapan analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan yaitu 1) perencanaan, kegiatan tersebut dilakukan SD M Karangkajen untuk membuat program PKS yang dilaksanakan pada saat rapat kerja sekolah dengan dilaksanakan oleh keseluruhan warga sekolah yang terlibat dalam kegiatan PKS. Untuk menjadi anggota PKS harus memnuhi persyaratan dan tertib menggunakan seragam yang telah ditentukan. 2) pelaksanaan, kegiatan PKS dilaksanakan dengan program harian yang dilaksanakan setiap hari dari pagi hari hingga pulang sekolah dan program mingguan yang dilaksankan untuk latihan. Pelaksanaan PKS di SD M Karangkajen memiliki tujuan salah satunya untuk membentuk karakter siswa, dengan karakter utama yang dibentuk adalah karakter disiplin 3) evaluasi, kegiatan pelaksanaan PKS di SD M Karangkajen sudah terimplementasi dengan baik dalam menanamkan karakter disiplin, evaluasi PKS dilaksanakan setiap hari dengan briefing dan pelaporan kegiatan serta adapula tindak lanjut dengan menambah jam latihan dan memberikan teguran kepada siswa yang bersalah. Kata kunci: PKS, Implementasi Program, Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:31
Last Modified: 03 Jan 2022 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71618

Actions (login required)

View Item View Item