Motivasi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Srandakan Kabupaten Bantul Dalam Mengikuti Pembelajaran Renang

Pamungkas, Wahyu Agung (2021) Motivasi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Srandakan Kabupaten Bantul Dalam Mengikuti Pembelajaran Renang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_wahyu agung pamungkas_16601244041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya masalah pada proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pembelajaran renang yang belum dapat berjalan dengan lancar dan belum sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Srandakan Kabupaten Bantul dalam Mengikuti Pembelajaran Renang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner yang berjumlah 35 butir soal yang disusun menggunakan google form dengan uji validitas menggunakan teknik product momen dengan r table 0.3809 dan nilai reliabelitas sebesar 0.941. Hasil dari tes tersebut akan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa motivasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Srandakan Kabupaten Bantul dalam Mengikuti Pembelajaran Renang diperoleh hasil analisis pada kategori “sangat tinggi” sebanyak 5 peserta didik (4%), sedangkan pada kategori “tinggi” sebanyak 32 peserta didik (28%), pada kategori “sedang” sebanyak 45 peserta didik (40%), untuk kategori “rendah” sebanyak 22 peserta didik (19%), dan kategori “sangat rendah” sebanyak 9 peserta didik (8%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Subagyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran renang, pembelajaran PJOK SMA
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Dec 2021 08:54
Last Modified: 24 Dec 2021 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71573

Actions (login required)

View Item View Item