PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL PhET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

Rizaldi, Aditya and Sukardiyono, Sukardiyono (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL PhET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TAS_14302241027.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui adanya perbedaan antara penggunaan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fluida dinamis terhadap peningkatan motivasi belajar, (2) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran simulasi berbantuan PhET dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fluida dinamis, (3) mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fluida dinamis terhadap peningkatan penguasaan konsep, (4) mengetahui besar peningkatan penguasaan konsep peserta didik yang mengikuti model pembelajaran simulasi berbantuan PhET dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fluida dinamis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kasihan tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis validasi isi pada instrumen RPP, LDPD menggunakan SBI dan analisis validasi isi angket motivasi, dan soal tes menggunakan Aiken V. Validasi empiris pada instrumen soal tes menggunakan analisis daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan analisis Normalized Gain dan uji beda dengan Mann Whitney U-Test. Hasil Penelitian ini (1) Tidak ada perbedaan signifikan secara statistik antara penggunaan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar, (2) peningkatan motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (3) Tidak ada perbedaan signifikan secara statistik antara penggunaan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan penguasaan konsep, (4) peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci: Simulasi, PhET, motivasi belajar, dan penguasaan konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Dec 2021 08:30
Last Modified: 20 Dec 2021 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71549

Actions (login required)

View Item View Item