PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA PADA PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Rangkuti, Aziz Ansori and Astono, Juli (2020) PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA PADA PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan produk handout fisika pada pembelajaran guided inquiry yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar fisika pokok bahasan gerak melingkar kelas X SMA; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik kelas X SMA setelah menggunakan handout fisika pada pembelajaran guided inquiry pokok bahasan gerak melingkar; (3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA yang mencapai KKM setelah menggunakan handout fisika pada pembelajaran guided inquiry pokok bahasan gerak melingkar. Penelitian ini dilakukan di SMAIT Baitussalam Yogyakarta kelas X IPA 1 dan X IPA 2 dengan jumlah sebanyak 37 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE menurut Branch. Tahap analyze merupakan tahap awal untuk mengidentifikasi permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk mengembangkan rancangan awal bahan ajar handout fisika berbasis guided inquiry. Tahap develop dihasilkan bahan ajar handout fisika berbasis guided inquiry yang layak serta dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Kelayakan handout fisika berbasis guided inquiry dilihat dari skor valididasi menggunakan analisis Sbi. Tahap implementation merupakan tahap uji luas untuk memperoleh data motivasi belajar dan hasil belajar. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari nilai standard gain pada angket motivasi belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai standard gain lembar pretest dan posttest. Tahap evaluate merupakan tahap untuk memperbaiki handout fisika berbasis guided inquiry sesuai saran dari tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) handout fisika pada pembelajaran guided inquiry layak digunakan dengan kategori sangat baik; (2) motivasi belajar peserta didik mencapai nilai standard gain sebesar 0,089 dengan peningkatan motivasi kategori rendah; (3) hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM setelah penggunaan handout berjumlah delapan orang dan nilai standard gain sebesar 0,34 dengan peningkatan kategori sedang. Kata kunci : handout, guided inquiry, motivasi belajar, hasil belajar fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:32
Last Modified: 20 Dec 2021 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71546

Actions (login required)

View Item View Item