PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTTEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN PENCAPAIAN SIKAP KERJASAMA SISWA SMA

Luthfiyat, Elfy and Jumadi, Jumadi (2020) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTTEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN PENCAPAIAN SIKAP KERJASAMA SISWA SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi Elfy Luthfiyati.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah pada siswa kelas X SMA N 1 Piyungan pada materi usaha dan energi.2) Mengetahui pencapaian sikap kerjasama peserta didik SMA yang pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan metode eksperimen pada siswa kelas X SMA N 1 Piyungan pada materi usaha dan energi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan model pembelajaran koopertif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Piyungan yangdiuji cobakan kepadasampel34 siswa kelas X IPA 3 untuk kelas eksperimen dan kepada 34 siswa kelas X IPA 2 untuk kelas kontroldengan non random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu silabus, RPP, LKPD, soal tes, lembar observasi sikap kerjasama , lembar observasi keterlaksanaan RPP dan lembar validasi. Validitas isi pada instrumenyang manamenggunanakan skala likert dan analisis aiken. Uji validitas empiris soal tes menggunakananalisis ITEMAN 4.3. untuk pengujian dari tujuan penelitian menggunakan Standar Gain dan kriteria sikap kerjasama. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diberikan perlakuan menggunakan model STAD dengan metode eksperimen lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah. 2)Pada kelas yang mengikuti model STAD dengan metode eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu 119.79 termasukdalam kategori baikdan untuk kelas yang mengikuti model pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata yaitu100.06termasuk dalamkategoribaik. berdasarkan nilai rata-ratakelas eksperimen memperoleh nilai lebihtinggi daripada kelas kontrol.Kata kunci: Model STAD dengan metode Eksperimen, hasil belajar ranah kognitif, sikap kerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:26
Last Modified: 20 Dec 2021 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71545

Actions (login required)

View Item View Item