PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rahmawati, Fauziah and Astono, Juli (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fauziah R.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD dengan model pembelajaran inquiry berbasis learning cycle 5E yang layak digunakan untuk pembelajaran materi getaran, gelombang dan gelombang bunyi di SMK (2) mengetahui presentase peserta didik yang memiliki hasil belajar di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah digunakannya LKPD dengan model pembelajaran inquiry berbasis learning cycle 5E untuk pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan desain penelitian ADDIE dengan lima tahap yaitu Analysis, Design, Develop, Impementation dan Evaluation. Produk yang dikembangkan berupa LKPD dengan model pembelajaran inquiry berbasisi learning cycle 5E pada materi getaran, gelombang dan gelombang bunyi yang diujicobakan kepada 34 peserta didik kelas X TEDK B SMK Negeri 2 Depok untuk uji terbatas dan 35 peserta didik kelas X TEDK A SMK Negeri 2 Depok untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh validator ahli yaitu dosen Pendidikan Fisika FMIPA UNY dan validator praktisi yaitu guru Fisika SMK N 2 Depok. Validasi dilakukan untuk menilai kelayakan produk LKPD yang dikembangkan. Selain itu kelayakan LKPD yang dikembangkan dapat dilihat dari angket respon peserta didik. Hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik dianalisis dengen mengkategorikan peserta didik yang memiliki nilai di atas KKM dan di bawah KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan LKPD dengan model pembelajaran inquiry berbasis learning cycle 5E yang layak digunakan untuk pembelajaran materi getaran, gelombang dan gelombang bunyi berdasarkan penilaian validator ahli, validator praktisi serta angket respon peserta didik dengan kategori sangat baik (2) Presentase peserta didik yang memiliki hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah digunakanya Lembar Kerja Peserta Didik dengan model pembelajaran inqury berbasis learning cycle 5E pada pokok bahasan getaran, gelombang dan gelombang bunyi masing-masing sebesar 66%, 88% dan 77%. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Learning Cycle 5E, Getaran, Gelombang, Gelombang Bunyi, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:16
Last Modified: 20 Dec 2021 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71543

Actions (login required)

View Item View Item