PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA TUGAS AKHIR SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh : Nofi Rahmayanti NIM. 15302241047 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2020

Rahmayanti, Nofi and Mundilarto, Mundilarto (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA TUGAS AKHIR SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh : Nofi Rahmayanti NIM. 15302241047 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2020. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Nofi Rahmayanti.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) yang layak untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik SMA ; (2) mengetahui besar peningkatan kemampuan penalaran ilmiah peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE ; (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain 4D Models yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Yogyakarta. LKPD yang dikembangkan diuji cobakan kepada peserta didik kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada dua guru fisika untuk menilai kelayakan produk yang dianalisis menggunakan analisis Sbi. Pemberian soal pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik. Peningkatan kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik dianalisis menggunakan standard gain (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Telah dihasilkan LKPD berbasis POE dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar fisika peserta didik SMA; (2) LKPD berbasis POE dapat meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah peserta didik dengan nilai standard gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi; (3) LKPD berbasis POE dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Kata kunci : LKPD, Predict-Observe-Explain, kemampuan penalaran ilmiah, hasil belajar fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:49
Last Modified: 16 Dec 2021 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71528

Actions (login required)

View Item View Item