PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HTML UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PESERTA DIDIK SMA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Reiyana, Reza Firdha and Pujianto, Pujianto (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HTML UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PESERTA DIDIK SMA PADA MATA PELAJARAN FISIKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
full text.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis HTML yang layak digunakan dalam pembelajaran di kelas XI pada materi pokok gelombang mekanik, (2) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada materi pokok gelombang mekanik kelas XI dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis HTML, dan (3) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi gelombang mekanik pada peserta didik kelas XI yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis HTML. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4D. Tahap pertama yaitu define untuk analisis kebutuhan dalam penelitian. Kedua, yaitu design membuat rancangan awal produk media pembelajaran dan instrumen penelitian lainnya. Ketiga, yaitu develop dilakukan validasi produk dan instrumen penelitian serta mengujicobanya dalam pembelajaran. Terakhir disseminate merupakan menyebarluaskan produk. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yaitu: RPP, media pembelajaran interaktif, lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan soal pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan validasi instrumen dan analisis hasil. Analisis validitas instrumen menggunakan CVR/CVI, koefisien cronbach’s alpha, dan SBi, sedangkan untuk analisis hasil penelitian menggunakan standard gain dan interjudge agreement. Hasil penelitian menunjukkan: (1) telah dihasilkan Media Pembelajaran Interaktif Gelombang Mekanik (MPIGM) yang layak digunakan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2019/2020, ditinjau dari penilaian oleh validator ahli dan praktisi dengan skor 4,05 (baik) untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi fisika pada peserta didik SMA, (2) peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik melalui media pembelajaran interaktif berbasis HTML dengan standard gain sebesar 0,10 dengan kategori rendah, serta (3) peningkatan penguasaan materi fisika pada peserta didik melalui media pembelajaran interaktif berbasis HTML dengan standard gain sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Kata kunci: media pembelajaran interaktif, HTML, penguasaan materi, motivasi belajar, materi gelombang mekanik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:39
Last Modified: 16 Dec 2021 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71527

Actions (login required)

View Item View Item