PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN JENGA BERBANTUAN SET SOAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS X

Suryanto, Rosalita Anggi and Pujianto, Pujianto (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN JENGA BERBANTUAN SET SOAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rosalita Anggi S.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa permainan jenga berbantuan set soal yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi gerak lurus untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik SMA, (2) mengetahui besar peningkatan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika dengan menggunakan media permainan jenga berbantuan set soal, dan (3) mengetahui besar peningkatkan penguasaan materi gerak lurus peserta didik dengan menggunakan media permainan jenga berbantuan set soal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan desain penelitian 4D Models dengan empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa permainan jenga berbantuan set soal materi gerak lurus yang diuji cobakan kepada 32 peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh validator ahli yaitu dosen Pendidikan Fisika FMIPA UNY dan validator praktisi yaitu guru Fisika SMA N 1 Depok. Validasi dilakukan untuk menilai kelayakan produk media yang dikembangkan. Peningkatan minat belajar peserta didik dilihat dari skor angket minat sebelum dan sesudah penggunaan media permainan jenga berbantuan set soal. Sedangkan peningkatan penguasaan materi dilihat dari nilai hasil pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan majemuk yang dianalisis menggunakan standar gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan produk media permainan jenga berbantuan set soal materi gerak lurus yang layak digunakan dalam meningkatkan minat belajar dan penguasaan metri peserta didik SMA kelas X, (2) media pembelajaran permainan jenga berbantuan set soal materi gerak lurus mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,33 yang termasuk dalam kategori sedang, dan (3) media pembelajaran permainan jenga berbantuan set soal untuk materi gerak lurus mampu meningkatkan penguasaan materi peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: Permainan Jenga, Soal, Gerak Lurus, Minat Belajar, Penguasaan Materi Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:35
Last Modified: 16 Dec 2021 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71526

Actions (login required)

View Item View Item