PENGARUH LKPD BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL PHET TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA

Anam, Su’udi Khoirul and Dwisiwi, Rahayu (2020) PENGARUH LKPD BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL PHET TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NASKAH_14302244007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui adanya pengaruh LKPD berbantuan media virtual PhET dalam pembelajaran materi Gelombang Cahaya terhadap penguasaan materi peserta didik dan (2) mengetahui adanya pengaruh LKPD berbantuan media virtual PhET dalam pembelajaran materi Gelombang Cahaya terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kasihan Bantul yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket minat belajar fisika, dan soal tes. Validitas empiris dan reliabilitas pada instrumen soal tes dianalisis menggunakan aplikasi ITEMAN dengan melihat nilai prop. correct, biser, prop. endorsing, dan alpha. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-T dan uji-U Mann-Whitney untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh LKPD berbantuan media virtual PhET dalam pembelajaran materi Gelombang Cahaya terhadap penguasaan materi peserta didik dan (2) Ada pengaruh LKPD berbantuan media virtual PhET dalam pembelajaran materi Gelombang Cahaya terhadap minat belajar peserta didik. Pengaruh LKPD berbantuan media virtual PhET lebih rendah daripada LKPD tanpa bantuan media virtual. Kata Kunci: LKPD berbantuan media virtual PhET, penguasaan materi fisika, minat belajar fisika, Gelombang Cahaya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:25
Last Modified: 16 Dec 2021 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71525

Actions (login required)

View Item View Item