PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA

Tri Nugraheni, Veronika Yeni Setyo and Pujianto, Pujianto (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Veronika Yeni Setyo Tri Nugraheni.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran MEA yang layak untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diimplementasikan perangkat pembelajaran MEA materi hukum Newton tentang gravitasi di kelas (3) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah diimplementasikan perangkat pembelajaran MEA materi hukum Newton tentang gravitasi di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan desain penelitian 4D Models dengan empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa perangkat pembelajaran fisika model Means Ends Analysis (MEA). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 9 Yogyakarta sebanyak 34 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh validator ahli yaitu dosen Pendidikan Fisika FMIPA UNY dan validator praktisi yaitu guru Fisika SMA Negeri 9 Yogyakarta. Validasi dilakukan untuk menilai kelayakan produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda setelah menggunakan perangkat pembelajaran model MEA. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dilihat dari nilai hasil pretest dan posttest dalam bentuk soal essay. Hasil pretest dan posttest baik untuk peningkatan hasil belajar maupun peningkatan kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan standar gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan produk perangkat pembelajaran model MEA yang layak untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA, (2) perangkat pembelajaran MEA materi hukum Newton tentang gravitasi mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi, (3) perangkat pembelajaran MEA materi hukum Newton tentang gravitasi mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,5 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: hukum Newton gravitasi, Means Ends Analysis (MEA), hasil belajar, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Dec 2021 05:25
Last Modified: 16 Dec 2021 05:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71523

Actions (login required)

View Item View Item