PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL DI SMA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN RESPON PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK

Hafiza, M Irham and Wiyatmo, Yusman (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL DI SMA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN RESPON PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_m irham hafiza_16302241028.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan multimedia pembelajaran fisika interaktif berbasis Macromedia Flash 8 untuk SMA pada materi pokok Pemanasan Global yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran, (2) Menghasilkan multimedia pembelajaran fisika interaktif berbasis Macromedia Flash 8 untuk SMA pada materi pokok Pemanasan Global yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran, dan (3) Mengetahui hubungan antara komponen variabel dalam respon pembelajaran dalam implementasi penggunaan Multimedia berbasis Macromedia Flash 8 pada materi pokok Pemanasan Global yang telah dikembangkan dan mengetahui variabel yang menjadi predictor ketertarikan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Pada tahap define, mendefinisikan permasalahan yang terdiri dari analisis awal, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis materi. Tahap design, merencanakan rancangan instrumen penelitian dan desain awal produk. Tahap develop, mengembangkan produk meliputi validasi, revisi, dan uji coba terbatas. Tahap disseminate, penyebarluasan produk akhir multimedia pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA/MA kelas XI yang berasal dari berbagai SMA seperti MAN 2 Yogyakarta, SMAN 7 Yogyakarta, dan SMAN 2 Banguntapan dengan total peserta didik sebanyak 72 orang untuk uji coba terbatas. Kelayakan instrumen penelitian dan produk multimedia pembelajaran dianalisis menggunakan simpangan baku ideal. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pengembangan produk ini diawali dengan tahap analisis awal yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada dalam pembelajaran di sekolah sekaligus untuk mengetahui karakteristik dari peserta didik yang meliputi kompetensi awal peserta didik, referensi media pembelajaran yang digunakan, dan referensi metode pembelajaran yang digunakan. Proses selanjutnya adalah menyusun multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan pada storyboard yang dibuat berdasarkan pada hasil analisis karakteristik peserta didik sebelumnya. Setelah seluruh bagian multimedia selesai disusun dan disatukan, multimedia dinilai kelayakannya oleh dosen ahli dan pendidik fisika dengan menggunakan lembar penilaian. Multimedia yang telah dinilai oleh dosen ahli dan pendidik fisika lalu diperbaiki pada bagian tampilan dan isi media sesuai dengan saran yang telah diberikan selama penilaian, (2) Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 untuk materi Pemanasan Global yang layak digunakan dalam pembelajaran di SMA dengan skor sebesar 3,78 yang memiliki kriteria sangat baik, dan (3) Aspek-aspek respon pembelajaran peserta didik yang diukur diketahui saling mempengaruhi satu sama lain secara signifikan. Aspek bahasa secara langsung maupun tak langsung mempunyai pengaruh signifikan terhadap aspek ketertarikan. Secara tak langsung aspek bahasa mampu mambantu pemahaman materi dan pemahaman materi menjadi sebab ketertarikan terhadap pemanfaatan media. Kata kunci: multimedia pembelajaran, pendekatan saintifik, Macromedia Flash, pemanasan global.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:01
Last Modified: 14 Dec 2021 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71511

Actions (login required)

View Item View Item