PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA

Kartikasari, Nurma and Dwisiwi, Rahayu (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_nurma kartikasari_17302244026.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis video ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video yang layak digunakan dalam materi Momentum dan Impuls untuk meningkatkan penguasaan materi dan kemandirian belajar, (2) mengetahui kategori peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika, dan (3) mengetahui kategori peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian R&D ini menggunakan model pengembangan 4D model atau model 4P, yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran berbasis video pada materi Momentum dan Impuls. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, tes, dan angket. Sedangkan instrumen pengambilan data adalah angket kemandirian belajar, soal pretest dan posttest, angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data penelitian menggunakan SBi skala 4 dan 5,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 14 Dec 2021 05:55
Last Modified: 14 Dec 2021 05:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71510

Actions (login required)

View Item View Item