Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Saat Pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga

Sari, Zaskia Oktaviana (2021) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Saat Pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_zaskia oktaviana sari_19711251103.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga berdasarkan Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, peserta didik, dan orang tua peserta didik di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan rincian kepala sekolah 60 orang, guru PJOK 60 orang, peserta didik 180 orang, dan orang tua/wali murid 180 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga hasilnya pada kategori kurang. (2) Context evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga kategori kurang. Indikator bahan pembelajaran dan rumusan tujuan sebesar 2,61 kategori baik, mengorganisasi materi, media dan sumber belajar lain sebesar 2,29 kategori kurang, merancang kegiatan belajar mengajar sebesar 2,26 kategori kurang, pengelolaan kelas sebesar 2,34 kategori kurang, dan penilaian sebesar 2,21 kategori kurang. (3) Input evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga hasilnya kategori baik. Indikator materi pembelajaran sebesar 2,77 pada kategori baik dan karakteristik peserta didik sebesar 2,49 pada kurang. (4) Process evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga hasilnya kategori kurang. Indikator kegiatan pembelajaran sebesar 2,43 pada kategori kurang dan kegiatan peserta didik sebesar 2,41 pada kategori kurang. (5) Product evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri se-Kabupaten Purbalingga hasilnya kategori kurang. Indikator hasil pembelajaran sebesar 2,41 kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran PJOK, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:28
Last Modified: 10 Dec 2021 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71497

Actions (login required)

View Item View Item