KAJIAN GRADASI WARNA LARUTAN DAN UJI UV VIS NANOMATERIAL CARBON NANODOTS BERBAHAN DASAR SERBUK LIMBAH AMPAS JUS BUAH DENGAN VARIASI MASSA SERBUK DAN WAKTU PENGENDAPAN

Basir, Siti Syuryani and Brams, Wispar Sunu (2020) KAJIAN GRADASI WARNA LARUTAN DAN UJI UV VIS NANOMATERIAL CARBON NANODOTS BERBAHAN DASAR SERBUK LIMBAH AMPAS JUS BUAH DENGAN VARIASI MASSA SERBUK DAN WAKTU PENGENDAPAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sintesis C-dots, gradasi warna larutan dan karakteristik C-dots menggunakan uji UV-Vis. Penelitian ini menggunakan C-dots yang berbahan dasar dari limbah ampas jus buah, diantaranya jus timun, jus jeruk nipis, dan jus wortel. Serbuk dipanaskan menggunakan oven dan ditimbang untuk variasi massa. Terdapat 0,1 gram; 0,2 gram; 0,3 gram; dan 0,5 gram serbuk. Tiap Serbuk ditambahkan aquades sebanyak 8 ml untuk selanjutnya diendapkan selama 1 hari. Setelah 1 hari dilakukan penyaringan untuk mendapatkan larutan C-dots tanpa endapan. Dilakukan proses yang sama selama 14 hari, sehingga mendapatkan 40 sampel larutan C-dots. Sampel larutan C-dots kemudian dilakukan penyinaran larutan menggunakan cahaya lampu, cahaya senter UV, dan cahaya laser UV. Setelah itu dilakukan uji UV-Vis. Hasil penyinaran larutan C-dots menggunakan cahaya lampu, cahaya senter UV, dan cahaya laser UV menunjukan gradasi warna larutan dari coklat tua hingga mendekati putih jernih dan gradasi warna pendaran dari hijau hingga hijau kebiruan. Intensitas warna pendaran tertinggi ditunjukan dengan warna pendaran hijau. Hal ini mengindikasikan bahwa sampel mengandung C-dots. Semakin banyak massa yang digunakan warna larutan akan semakin pekat, intensitas pendaran akan semakin tinggi dan C-dots yang dihasilkan juga semakin banyak. Tetapi semakin lama pengendapan, warna larutan, intensitas warna pendaran, dan C-dots yang dihasilkan akan semakin berkurang. Hasil karakterisasi uji UV-Vis pada panjang gelombang 270 nm menunjukan nilai absorbansi yang meningkat. Hal ini mengindikasikan C-dots yang dihasilkan semakin banyak. Kata Kunci: C-dots, ampas jus buah, gradasi warna , UV-Vis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 09 Dec 2021 06:07
Last Modified: 09 Dec 2021 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71493

Actions (login required)

View Item View Item