IDENTIFIKASI LAPISAN SEDIMEN DAN LAPISAN BEDROCK MENGGUNAKAN METODE MIKROTREMOR DI KECAMATAN PRAMBANAN DAN KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN

Maslikhah, Khariza Nurul and Katriani, Laila (2020) IDENTIFIKASI LAPISAN SEDIMEN DAN LAPISAN BEDROCK MENGGUNAKAN METODE MIKROTREMOR DI KECAMATAN PRAMBANAN DAN KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan distribusi nilai frekuensi predominan (f0) dan nilai faktor amplifikasi tanah (Ag), serta untuk mengetahui korelasi antara topografi daerah penelitian dengan ketebalan sedimen (h) berdasarkan model penampang seismik kurva H/V. Selain itu juga untuk mengidentifikasi lapisan sedimen dan lapisan bedrock menggunakan parameter f0, Ag, dan h di Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan data mikrotremor di 29 titik pengukuran dengan interval antar titik sebesar 2 km menggunakan Digital Portable Seismograph merek Taide tipe TDL-303S. Data berupa sinyal mikrotremor dianalisis menggunakan metode HVSR (Horizontal to Vertical Spectral Ratio) untuk memperoleh kurva H/V yang merepresentasikan nilai parameter f0 dan Ag. Parameter ini digunakan untuk mikrozonasi menggunakan program Surfer 10 dan untuk mengidentifikasi ketebalan lapisan sedimen dan lapisan bedrock berdasarkan distribusi nilai Ag di daerah penelitian dengan pemodelan 3D menggunakan program Rockwork 15. Kurva H/V juga digunakan untuk representasi penampang seismik yang berkorelasi dengan nilai faktor amplifikasi tanah dan profil topografi untuk melihat ketebalan sedimen dari permukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai f0 berkisar antara 0,7 Hz – 9,5 Hz dengan nilai f0 rendah (< 2,5 Hz) yang tersebar hampir di seluruh daerah penelitian dan nilai Ag memiliki kisaran 1,795 – 9,010 dengan distribusi nilai Ag di daerah penelitian sebagian besar masuk zona sedang dan zona tinggi. Sebagian besar daerah penelitian berupa dataran Aluvial yang berada pada Formasi Merapi Muda dan bagian selatan daerah penelitian berupa dataran tinggi yang berkorelasi dengan daerah perbukitan sesuai dengan profil geologinya yaitu berada di Formasi Kebobutak. Berdasarkan persebaran nilai amplifikasi, lapisan sedimen sisi utara hingga tengah daerah penelitian tergolong sangat tebal karena tersusun atas endapan abu vulkanik Gunung Merapi dan ketebalan sedimen bagian selatan tipis karena didominasi oleh susunan batuan keras. xi Kata Kunci: Mikrotremor, HVSR, Kabupaten Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:56
Last Modified: 06 Dec 2021 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71481

Actions (login required)

View Item View Item