Evaluasi Implementasi Pembelajaran Berbasis WEB pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Zulhaji, Zulhaji (2012) Evaluasi Implementasi Pembelajaran Berbasis WEB pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zulhaji-10702251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran berbasis web pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) yang meliputi, kesiapan, perencanaan dan perancangan materi, implementasi, penyajian, interaksi dan evaluasi serta kendala-kendala yang dihadapi dosen dalam mengimplementasikan elearning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengungkap permasalahan dalam implementasi pembelajaran berbasis web dengan menggunakan pendekatan evaluasi model Countenance. Subjek penelitian adalah dosen Fakultas Teknik dengan jumlah sampel 64 responden atau 35% dari 181 populasi. Pengumpulan data menggunakan instrument yaitu: 1) Pedoman observasi untuk mengetahui konten pada website elearning UNM, penyajian materi dengan menggunakan elearning, kelengkapan fasilitas; 2) pedoman wawancara untuk mengumpulkan data layanan internet dari pimpinan universitas, pengelola elearning dan dosen FT; 3) angket untuk mengetahui ketersediaan fasilitas, kesiapan dosen, serta implementasi elearning dalam proses pembelajaran; dan 4) lembar evaluasi digunakan untuk mendeskripsikan elearning UNM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elearning UNM dapat digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari segi media dan teknologi elearning dan dapat digunakan untuk pembelajaran kejuruan. Kesiapan dosen dalam pembelajaran elearning masih tergolong rendah dengan tidak menyediakannya beberapa sumber yang dapat digunakan mahasiswa dalam elearning, dan berada pada kategori kurang baik dengan persentase 35,94%. Dalam mengimplementasikan elearning masih rendah dengan tidak manfaatkannya fasilitas elearning dengan maksimal, dan berada pada kategori yang kurang baik dengan persentase sebesar 69,23%. Koefisien korelasi dihitung dengan bantuan SPSS 18 for windows. Perhitungan korelasi antara kesiapan dan implementasi elearning diperoleh hasil sebesar 0,436 dengan nilai kritis 0,246. Berarti terdapat korelasi yang positif antara kesiapan dan implementasi elearning dalam pembelajaran di FT UNM. Namun demikian masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi dosen diantaranya adalah; 1) Kurangnya pemahaman dosen terhadap elearning, 2) tidak adanya standar baku dalam pembelajaran berbasis elearning, dan 3) koneksi internet yang tidak stabil. Adapun cara mengatasinya melalui; 1) Pelatihan elearning bagi dosen, 2) merancang standar baku untuk pelaksanaan elearning, dan 3) pembenahan koneksi dengan meningkatkan bandwidth, perbaikan area jaringan lokal dan penambahan akses point.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi, elearning, pendidikan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2012 00:14
Last Modified: 27 Sep 2022 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7145

Actions (login required)

View Item View Item